Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Karakter Pribadi

|


Berdasarkan penelitian terbaru telah terungkap adanya Multiple Intelligence (kecerdasan majemuk). Gardner, 1994 menemukan dalam setiap anak tersimpan delapan kecerdasan yang siap berkembang. Kedelapan jenis kecerdasan tersebut adalah kecerdasan linguistk, kecerdasan logistik-matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinetik-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal-sosial, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis.

Berdasarkan kelompok kecerdasan di atas, kita bisa melihat beranekanya kecerdasan manusia. Setiap manusia mempunyai kecendrungan tertentu terhadap satu atau beberapa macam kecerdasan tersebut. Dalam kenyataan, manusia sebenarnya memiliki beberapa unsur dari semua macam kecerdasan yang ada. Perbedaaan di bidang kecerdasan menyebabkan perbedaan di bidang minat, dan bakat. Perbedaan tersebut juga menyebabkan manusia memiliki kelebihan di satu bidang dan kekurangan di bidang yang lain. Karena itu, prestasi belajar pun berbeda-beda. Ada yang bagus di bidang sains, ada pula yang baik di bidang ilmu-ilmu sosial.

Kecerdasan linguistik profesi yang sesuai dengan kecerdasan ini diantaranya ada jurnalis, penulis, dan pengacara. Kecerdasan logistik-matematis profesi yang sesuai dengan kecerdasan ini diantaranya ada akuntan, programmer, analis keuangan, dan ahli statistika. Kecerdasan spasial profesi yang sesuai dengan kecerdasan ini diantaranya ada arsitek, fotografer, drafter, pelukis, ahli desain interior, ahli peta geografi, dan urban design. Kecerdasan kinestetik-jasmani profesi yang sesuai dengan kecerdasan ini diantaranya ada atlet dan penari. Kecerdasan musikal profesi yang sesuai dengan kecerdasan ini diantaranya ada musisi, komposer, penyanyi. Kecerdasan interpersonel-sosial profesi yang sesuai dengan kecerdasan ini diantaranya ada networker, negosiator, dosen, dan leader. Kecerdasan intrapersonel profesi diantaranya ada konselor, psikolog, dan motivator.Kecerdasan naturalis profesi yang sesuai dengan kecerdasan ini diantaranya ada petani, peternak, dan traveller. (Slamet,2016)


Pohon karir merupakan salah satu media bimbingan dan konseling yang sengaja di buat menyerupai bentuk pohon untuk memudahkan proses konseling dalam memahami proses karir sesuai kecerdasan masing-masing.

Pohon karir adalah alat untuk membantu penyampaian materi tentang bimbingan karir untuk mencari, memilih, menyiapkan, dan menyesuaikan diri terhadap karir. Tentu saja, pemilihan karir ini disesuaikan dengan kecerdasan, minat, bakat, serta kepribadian individu tersebut sehingga mampu mengembangkan diri di lingkungan masyarakat

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar